Cara Menghilangkan Iklan di Android Yang Muncul Saat Data Aktif

Cara Menghilangkan Iklan di Android Yang Muncul Saat Data Aktif

Cara Menghilangkan Iklan di Android – Banyak sekali aplikasi atau game yang bisa kamu download khususnya di Google Play Store secara gratis, namun tahukah kamu semua itu tidak diberikan secara cuma-cuma, pengembang sebuah aplikasi atau game menyisipkan sebuah iklan ke dalamnya untuk menjadikan iklan tersebut sebagai sumber pendapatan mereka, tentunya itu juga sudah diperingatkan saat kamu mendownloadnya  yang di tandai dengan tulisan Contain ads dimana saat data diaktifkan akan ada iklan yang muncul di aplikasi atau game tersebut. Jadi sudah sewajarnya jika muncul iklan banner kecil pada aplikasi dan iklan video pada game untuk membuka item atau menambah poin, hal tersebut dapat kita maklumi.

Tetapi jika iklan muncul secara tiba-tiba saat kamu tidak membuka atau memainkannya itu bukan lagi  hal yang wajar, bisa jadi smarphone kamu terinfeksi Adware. Ini terjadi karena beberapa pengembang menyisipkan adware di aplikasi/game yang kamu install khususnya di luar Google Play Store, beberapa penyembang nakal memang sengaja melakukan hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan lebih, namun sebaliknya akan sangat rugi bagi kita selaku korban.

Lalu bagaimana cara menghilangkan iklan di android yang muncul secara tiba-tiba di layar saat data diaktifkan? Berikut akan saya berikan 2 cara untuk mengatasi hal tersebut tanpa menggunakan aplikasi ataupun dengan bantuan aplikasi lain.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa aplikasi

Iklan yang muncul biasanya berasal dari aplikasi/games yang diinstall dari luar Google Play Store. Silahkan kamu masuk ke Pengaturan Ponsel lalu pilih Manager Aplikasi, hapus beberapa aplikasi/games yang dirasa mencurigakan terutama apliaksi yang kamu install di luar PlayStore, seperti aplikasi/games yang kamu terima dari smartphone lain atau yang sengaja kamu download dari situs lain.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa aplikasi

Jika sudah terlalu banyak aplikasi/games yang terpasang tentunya akan sangat membingungkan kamu bisa gunakan cara berikut ini jika hal tersebut kamu alami. Pada saat iklan muncul jangan terburu-buru untuk menutup iklan tersebut. Pergi pintasan pengaturan dengan cara menarik notifikasi bar di atas layar. Masuk ke Manager Aplikasi dan lihat aplikasi yang berjalan, silahkan kamu hapus aplikasi yang dirasa mencurigakan. Hidupkan ulang smartphone kamu lalu aktifkan data untuk mengecek apakah masih muncul iklan di smartphone kamu, jika masih terdapat iklan yang muncul kamu bisa menggunakan cara selanjutnya ya itu dengan bantuan aplikasi.

2. Cara Menghilangkan Iklan di Android Dengan Aplikasi

Jika cara pertama masih belum bisa menghilangkan iklan yang mengganggu, cara yang kedua ini bisa kamu lakukan. Kali ini kita menggunakan bantuan aplikasi yang tentunya aplikasi bisa lebih membedakan aplikasi/games yang berpotensi berbahaya dan aplikasi/games yang benar-benar aman untuk smartphone kamu. Aplikasi tersebut bernama Malwarebytes Security.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Dengan Aplikasi Malwarebytes Security

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat powerfull untuk memindai virus dan malware, serta sangat agresif mendeteksi ransomware serta PopUp iklan pada smartphone. kamu bisa langsung mendownloadnya di Google Play Store. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis selama 30 hari, jika sudah lewat masa tersebut beberapa fitur aplikasi tidak dapat digunakan. Namun hal tersebut tidak masalah, kita hanya akan menggunakannya untuk memindai aplikasi yang bermasalah saja.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Dengan Aplikasi Malwarebytes Security Permision, Update

Pada saat pertama kali dibuka, aplikasi Malwarebytes Security akan meminja izin akses ke perangkat, silahkan pilih Give permission dan izinkan beberapa akses yang diperlukan. Selanjutnya adalah tahap memindai perangkat, tetapi sebelum melakukan pemindaian ada baiknya melakukan Update database malware ke yang paling baru dengan menekan tombol Update database, setelah itu baru lakukan Run full scan. Tunggu beberapa saat proses pemindaian pada perangkat, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Dengan Aplikasi Malwarebytes Security Scan

Ini adalah contoh smartphone yang terinfeksi malware, jika hal serupa ditemukan di smartphone kamu, cetang semua threats lalu pilih tombol Remove selected dan klik OK. Malwarebytes Security akan mencopot pemasangan aplikasi yang mencurigakan dan menghapus semua threats pada smartphone kamu dengan begitu iklan di smartphone kamu akan sepenuhnya hilang.

3. Bonus Cara Menghilangkan Iklan di Android Ampuh

Jika kamu sudah melalukan semua hal termasuk kedua cara diatas namun masalah iklan yang tiba-tiba muncul tak kunjung hilang maka jalan terakhir adalah dengan cara me-reset ulang smartphone kamu ke ke pengaturan pabrik. Namun sebelum me-reset ulang kamu bisa mencoba mencopot terlebih dahulu memori SDCard kamu, karena bisa jadi malware tersebut tidak berada dalam aplikasi telepon melainkan memori SDCard. Jika memang iklan masih muncul jalan terakhir adalah dengan me-reset ulang ke pengaturan pabrik, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu data-data penting seperti memindahkan contact, foto, musik dll ke SDCard sebelum melakukan reset.

Itu dia 3 cara menghilangkan iklan di android yang muncul secara tiba-tiba saat data di aktifkan, semoga artikel ini dapat membantu menghilangkan iklan menjengkelkan dari smartphone kamu.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *