Layar Sentuh Kurang Sensitif? Berikut 4 Tips Mudah Cara Mengatasinya

smartphone pexels

Touchscreen atau layar sentuh  kurang sensitif pasti akan sangat mengganggu, apalagi untuk kamu yang sering bermain game yang membutuhkan kecepatan jari saat memainkanya.

Ditambah lagi dengan smartphone yang kurang responsif saat digunakan pastinya akan menghambat aktifitas, apalagi jaman sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok untuk menjalankan aktifitas sehari-hari.

Untuk kamu yang mengalami masalah di atas, saya akan berbagi 4 tips mudah cara mengatasi layar sentuh yang kurang sensitif serta mengatasi smartphone yang kurang resposif.

1. Lepas Anti Gores atau Tempered Glass

Reinstall Tempered Glass Membantu Mengatasi Layar Sentuh Kurang SensitifImage Source: YouTube

Mungkin untuk jaman sekarang anti gores sudah mulai ditinggalkan dan beralih menggunakan tempered glass.

Penggunaan tempered glass memang bagus untuk melindungi layar sentuh smartphone dari goresan benda tajam, namun penggunaan tempered glass sendiri malah akan mengurangi ke-sensitifan layar sentuh.

Untuk kamu yang menginginkan layar sentuh smatphonemu lebih sensitif coba dengan cara melepas tempered glass.

Mengingat beberapa smartphone jaman sekarang juga sudah menggunakan perlindungan Gorilla Glass pada layar sentuh, jadi sebenarnya penggunaan tempered glass juga kurang dibutuhkan.

2. Gunakan Aplikasi SGS Touchscreen Booster Untuk Mengatasi Layar Sentuh Kurang Sensitif

SGS Screen Booster
SGS Touchscreen Booster merupakan sebuah aplikasi yang sederhana namun powerfull yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan respon layar sentuh smartphone android . Silahkan unduh dan install melalui Google PlayStore.

Untuk pengaturan aplikasi kamu bisa menggunakan presets yang disediakan.

SGS Screen Booster Preset Membantu Mengatasi Layar Sentuh Kurang Sensitif
Ada beberapa preset pilihan seperti More slow, Default, Optimized, Super Optimized dan Custom.

Silahkan sesuaikan presets dengan smartphone, jangan lupa cetang start service on boot, lanjutkan dengan Apply changes untuk menyimpan perubahan.

3. Bersihkan Smartphone Dari Sampah

ImageSource: Google PlayStore

Untuk kamu yang punya kebiasaan memasang aplikasi dan permainan secara terus menerus, pasti akan berdampak buruk pada smartphone. Biasanya smartphone menjadi lambat dan kehabisan kapasitas internal.

Saran dari saya lepas pemasangan aplikasi atau permainan yang memang jarang atau sama sekali tidak digunakan.

Setelah aplikasi atau permainan dihapus biasanya mereka akan meningalkan file sampah, silah cari aplikasi pembersih di Google PlayStore.

Aplikasi Pembersih
Untuk saya pribadi, saya lebih suka menggunakan SHAREit.

Selain untuk mengirim dan menerima file melalui jaringan wireless dengan cepat, SHAREit juga dapat menghapus file sampah yang terdapat pada smartphone.

Dengan begitu kita mendapatkan 2 kegunaan dalam satu aplikasi, sangat diuntungkan bukan?

CLEANit by SHAREit

Fitur ini dinamakan CLEANit,  untuk menggunakan CLEANit kamu hanya perlu scroll kebagian bawah selanjutnya pilih CLEAN NOW untuk mulai membersihkan.

4. Kurangi Skala Animasi di Layar

Cara ini mungkin agak sulit namun saya juga sudah menyediakannya dalam bentuk video dibagian akhir artikel ini, untuk yang tidak suka menonton silahkan ikuti langkah-langkah di bawah.

Pertama aktifkan Pilihan pengembang / Depelover option.

Caranya masuk Pengaturan / Setting pilih Tentang perangkat / About devices pilih Info Perngkat Lunak / Software Info lalu tap pada Nomor Versi / Build Number sebanyak 5 kali.

Opsi Pengembang Developers Option

Dengan begitu Pilihan pengembang / Depelover option akan muncul pada Pengaturan / Setting. Jika sudah, silahkan masuk ke Pilihan pengembang / Depelover option.

Pada bagian Drawing, rubah Window animation scale dan Transition animation scale menjadi 0.5x.

Pada bagian Hardware-accelerated rendering, aktifkan Force GPU rendering, Enable 4X MSAA dan Disable hardware overlay.

Skala Animasi 1

Terakhir pada bagian Application, aktifkan Dont keep activities dan Show all ANRs, lalurubah Limit background processes menjadi At most 3 processes atau lebih rendah.

Application Background Limit

Masih bingung? saya juga sediakan dalam bentuk video:

 
Kecepatan skala animasi sebenarnya tidak mempengaruhi sensitivitas layar, tetapi setidaknya dengan mengurangi skala animasi akan membantu meningkatkan respon dari setiap perintah yang kamu berikan pada smartphone, sehingga dapat mengatasi masalah pada layar sentuh kurang sensitif.

Dengan begitu tentunya cara ini akan membuat smartphone kamu lebih responsif.

Itu lah 4 tips cara mengatasi touchscreen atsu layar sentuh kurang sensitif  serta tips agar smarthphone android lebih responsif, semoga tips ini bisa bermanfaat utuk kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *